August 01, 2013

I PREFER READING'S 1ST BIRTHDAY GIVEAWAY!



August is here! Yaaaaaaay! *throws confetti*
Agustus adalah bulan favorit saya sepanjang tahun. Selain karena bulan ini adalah bulan ulang tahun saya (hihihi), kebetulan I Prefer Reading juga pertama kali dibuat Agustus tahun 2012 lalu (Coba tebak, tanggalnya tanggal berapa hayoo).

Selama setahun ngeblog tentang buku udah ngapain aja, Ta?
Blog IPR sejauh ini kebanyakan masih berisi review buku. Jadwal postingannya...... masih suka-suka, apalagi kalo real-life lagi hectic huehuehue (misalnya pas persiapan Ujian Nasional beberapa bulan lalu... Dalam sebulan pernah cuma posting satu review /plak). Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih teratur yah :')

Post review pertama yang ditulis di IPR adalah review buku Before I Die karya Jenny Downham, yang saya dapat sebagai hadiah giveaway Tell Me Your Wish-nya Reading in the Morning! Kalau post yang paling banyak diintip, ternyata adalah review Twivortiare-nya Ika Natassa (karena pernah disebut Gramedia sebagai #ResensiPilihan), Cinderella dan Empat Ksatria-nya Baek Myo, dan Looking for Alaska-nya John Green. Tapi buat saya personally, saya paling suka waktu nulis review buku-bukunya Laini Taylor, Golden-nya Jessi Kirby sama The Moon and More-nya Sarah Dessen! Entah kenapa.

IPR pernah ikutan Book Kaleidoscope (yang dihost oleh Mbak Fanda) di akhir tahun 2012 lalu, lho. Belakangan ini juga suka ikutan posting Top Ten Tuesday (weekly meme yang di-host The Brooke & The Bookish) meskipun belum rutin tiap minggu. Oh iya, nggak lama habis bikin IPR saya juga gabung ke BBI, tapi sampe saat ini masih rada-rada pasif kalau lagi ngadain acara semacam Posting Bareng BBI atau Secret Santa gitu ( ._.)/|maafkan saya...|

Lalu lewat post ini juga, Tirta ingin berterimakasih pada siapapun yang udah baca IPR selama setahun ini, baik yang sering comment, silent reader ataupun yang cuma lirik-lirik aja (hihihi)... Thank you so much! It's been a wonderful experience having a book blog and knowing that there are actually people who read it out there. :')

Jadi sekalian merayakan bertambah tuanya umur, setahunan IPR, sekaligus ngelaksanain niat untuk berbagi dan syukuran karena (alhamdulillah) udah diterima di PTN (yay jadi anak kuliahan! hehehe), I wanna share this joyfulness with you all. :) TIME FOR A GIVEAWAY! Bismillahirrahmanirrahiiim, pertama kalinya ngadain giveaway, semoga lancarrr.
And the prize is:

WIN ANY BOOKS YOU WANT UP TO 150k!

Yup. Saya akan bagi-bagi buku apa aja yang diinginkan oleh pemenang. Jumlah bukunya boleh satu, boleh dua, boleh tiga, berapapun asalkan bukunya tersedia di toko buku Gramedia atau di www.bukabuku.com. Ingat, total maksimalnya Rp 150.000 (exclude ongkos kirim) yaaa :D

Giveaway akan berlangsung sejak 1 Agustus sampai 25 Agustus 2013 dan diperuntukkan bagi teman-teman yang berdomisili di Indonesia. Pengumuman pemenang akan saya post di blog ini pada akhir bulan (Mudah-mudahan bisa dapet waktu luang sedikit di sela-sela ospek universitas... Hup hup hup) Siapapun yang menang nanti akan saya hubungi via Twitter atau email segera setelah pengumuman (paling lambat akhir Agustus)

Untuk ikutan giveaway-nya, gampang kok! Silakan isi Rafflecopter di bawah ini dan ikuti perintahnya ya. Jangan lupa cantumkan nama, akun twitter dan alamat email yang bisa dihubungi di comment page.

Once again, thank you for reading IPR, aaaand good luck! Enjoy August 



83 comments:

  1. Hai tirta ^^
    Secara pribadi, IPR itu blog buku yang lumayan bagus.
    Dari segi design, ga terlalu ribet. Simple tapi ngena XD
    Dari segi buku buku yang kamu posting, ternyata content2nya banyak yang menarik. Dari blog kamu juga aku tau banyak tentang buku2 yang ternyata tidak hanya menyuguhkan cerita, tapi juga memberikan pesan pesan di dalamnya
    Kalo dari semua postingan, aku paling suka baca postingan buku bahasa inggris kamu. Gatau kenapa. Mungkin karena usia kita sama, jadi kadang sepikiran aja xD
    Semoga IPR bisa mempertahankan konsistensi dalam mereview buku buku

    Hanifah Dien (@hanivadien)
    nievha_dien@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Fontnya aku nggak suka.. *blak-blakan banget*, soalnya terlalu rapat dan kaku.
    Themenya buat sendiri ya? Bagus untuk design sidebarnya, yang tulisan quick search, the reader-nya original. garis ungunya juga bagus. satu komentar lagi soal gambar headernya, gak nyambung sama tulisannya. tulisannya I Prefer Reading, tapi kok fotonya itu foto kota (iya nggak sih?)

    thanks for the chance, ^^

    Fenny H
    email: fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com
    twitter @fennyusuf
    tinggalnya di Bekasi

    ReplyDelete
  3. Hmm...gimana ya. Sebenernya aku tiap hari pasti ngga lupa buka2 agregator BBI dan jarang banget lihat IPR. Baru kali ini mampir dan hey, salam kenal ya ;) Lebih rajin posting aja kedepannya. Untuk layout dll aku sudah suka, rapi dan bersih. Selamat ultah ya buat owner dan blognya <:D

    @imawesomenerd
    ratrianugrah(at)ymail(dot)com

    ReplyDelete
  4. Nama: Nukhbah Sany
    Twitter: @nukhbahsany
    Email: violetpancake@gmail.com

    menurut saya sih blognya bagus, desain dan backgroundnya juga cantik. kadang pengen punya blog yang cantik kayak gitu, tapi ya apalah daya nggak mudeng desain sama html :/
    terus terus teruuuus hebat banget ya baru lulus SMA tapi postingannya banyak yg pake bahasa inggris, lancar lagi.
    Semangat!!! Selamat datang di dunia perkuliahan!! :D

    ReplyDelete
  5. Halo Tirta, selamat ulang tahun ya :)

    Blognya sudah bagus kok, desainnya juga simple. Tetep dipertahanin aja kayak gini. Yah, bagi aku, kamu aktif terus dan blog selalu update maksimal 4 bulan sekali aja udah seneng kok, hahaha XD.

    Artikel Top Tennya juga bagus. Sering - sering aja diposting :)

    Many wishes for you,Tirta. Keep blogging and reading ya :D

    ReplyDelete
  6. Halo... selamat ulang tahun Tirta dan IPR...
    Saya "silent reader" setia blog ini soalnya bacaannya asyik, banyak YA. Paling suka dengan Top Ten Tuesday-nya.
    Lay out-nya juga asyik, vintage gitu... Trus ga berat dibukanya, meski lewat hape juga. Pertahankan ya...

    Nama : Pauline Destinugrainy
    twitter : @destinugrainy
    email : destinugrainy@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Thank you udah nge-host giveaway ya! And happy blogoversary :D

    ReplyDelete
  8. postingan reviewnya dikit ya? untuk blogger buku yang udah mulai sejak tahun lalu :3

    ReplyDelete
  9. ups, lupa nulis twitter & emai;: @hami_02 & fmajeur at gmail dot com

    ReplyDelete
  10. IPR in my mind..

    dari segi postingan, mungkin lebih dibanyakin kali ya kak. Aku liat buku yang udah dibaca & dilaporin goodreads 62, tp postingan review bukunya masih kurang dr setengah jumlah buku yang dibaca. Terus, dari segi layout, warna dan desainnya udah bagus, cuma sayangnya gak muat lebarnya sama kompi, jadi klo mau liat keselurhan blog harus scrolling kanan-kiri. teruss, logo BBI ditampilin dong kak di Blognya, biar lebih gampang dikenali klo anggota BBI. :)

    Itu aja, terima kasih..

    ReplyDelete
  11. Lupa input identitas.. >_<

    Nama: Annisa M Zahro
    Twitter: @letsread123
    Blog: letsread123.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Eh, yg diminta alamat email ya.. -____-"
    azzahra.annisa15@gmail.com

    Maapkeun, gak konsen, kak..

    ReplyDelete
  13. desain blognya bagus :)
    tapi yaa itu postingannya masih dikit hehehe..
    eh kita seangkatan loh. kamu kuliah di mana sekarang?
    Wenny Widyastuti
    @widywenny
    whenkneesstory@ymail.com

    ReplyDelete
  14. Happy Birthday IPR !!!
    Menurutku blog ini udah bagus kok. Aku suka templatenya, cantik banget :D Apalagi warnanya ungu, warna kesukaanku hehe. Saranku cuma satu sih, tulisannya tolong digedein dikiiit aja. Habis mataku minus sih, jadi lebih nyaman kalo tulisannya gedean dikit.

    Untuk postingan, aku nggak bisa kasih saran apa-apa, karena menurutku tulisanmu udah bagus. Just keep posting reviews, okay? :P

    Name : Najwa Shufia Choliq
    twitter : @najwasc
    email : shufia_najwa@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata aku yang pertama kali nulis komentar ya :)

    Oke, komentarku setelah melihat blog Tirta pertama kali adalah... Tirta suka warna ungu ya? Heheheheh..

    Desain blognya simple, aku suka. Fontnya juga mudah dibaca. Dan aku suka gaya bahasamu dalam mereview :)

    Semoga Tirta lebih sering ngereview dan lebih aktif di BBI ya. Kalau perlu, ramaikan twitter dan fb si BBI :P

    Terus kalau ada kopdar, ikutan ya. Biasanya awal-awal pada malu-malu gitu, tapi ntar setelah biasa yang ada malu-maluin. Hehehehehe..

    Keep reading, keep writing, and keep reviewing ya ^^

    Cheers,
    phie
    @AngelaNoviana

    ReplyDelete
  16. Haloooh, baru sekali berkunjung ke blog ini.
    emm, kasih saran dikiit yaah. ukuran hurufnya yg di postingan digedein dikit, donk. heheh. aku ngerasa agak kekecilan *sambil mendelik bacanya.
    terus review indexnya diupdate. uhuk.
    heheheh..
    eniwei, salam kenaal ya Tirtaaa. :D

    ReplyDelete
  17. Menurutku, secara tampilan IPR udah lumayan kok. Warna latar putih, ukuran tulisan oke, navigasi lumayan. Cuman... Sebenarnya ini agak subjektif ya, tapi aku kurang suka dengan tema tiga kolom dengan sidebar kiri-kanan (kalau sidebarnya sama-sama kanan atau kiri sih oke-oke saja).

    Untuk review... aduh, aku harusnya tadi liat" review IPR ya, jadinya nggak ngerekomendasikan buku yang sudah dibaca :))

    Boleh ndak rekomendasikan buku lagi? Ini dia (semoga belum baca): The Witch's Guide to Cooking with Children karya Keith McGowan (ini reviewku: http://feedmebook.blogspot.com/2013/02/penyihir-di-sebelah-rumah.html)

    jadi untuk reviewnya, bagus, jujur dan tidak heboh (?)

    untuk saran, terus membaca dan terus sebar virus membaca pada dunia (hal yang sudah pasti) :D

    Nama (nick di raff): Jun
    Twitter: @FJrean
    Email: linuxrulz [at] live [dot] com

    ReplyDelete
  18. Hi Tirta, salam kenal ya & Happy Birthday too !!
    Pertama kali main ke sini, postingannya bagus, mungkin bisa diperbanyak untuk review bukunya :D
    Bisa dibuat juga kategori untuk memudahkan searching berdasarkan label.
    Overall sdh cukup bagus kok.
    Keep on reading & blogging (^_^)
    Semoga sukses ya giveawaynya.
    Regards,
    Maria
    @HobbyBuku | hobbybuku(at)gmail(dot)com

    ReplyDelete
  19. Hi, aku baru nemu blog-mu nih... Jadi baru baca-baca dikit aja. Sekilas liat sih aku suka lay-out warna-warna ungunya. Kesan vintagenya dapet tapi gak over. Tetep semangat blogging dan selamat ulang tahun. Sukses selalu!
    Ashtrie Karana Putrie
    @Dmigia
    shinigami_light @ ymail. com

    ReplyDelete
  20. Selamat ulang tahun, Tirta dan IPR! Sejak tahu kamu punya bookblog aku sering mampir loh ke sini. Dan disainnya lucu! Ajarin yak kapan-kapan. #emanggakjodohsamaHTMLdandisain #makanyamasukTeknikIndustrijuga

    Terus... aku gak begitu suka sama header-nya... kurang, 'buku'. Heheheheh. Dan aku juga suka review-review kamu. Mulai sering nongol di BBI ya, Ta. Kalo bisa pas IRF nanti kita bertemu untuk pertama kalinya setelah berapa tahun cuma bisa bertemu di dunia maya. :')

    #nowplaying A Thousand Years - Christina Perri.

    ReplyDelete
  21. Dan... lupa cantumin identitas. Hekhekhek.

    Biar gampang pake yang blackinbook aja yach:
    @blackinbook
    blackinbook at yahoo dot co dot id

    ReplyDelete
  22. Tirta, salam kenal and happy blogoversary yang pertama ^^

    Aku pertama kali berkunjung kemari setelah melihat tweet mbak Maria @hobbybuku.

    Tampilan blogmu menarik. Komposisi warna cewek banget, dan headernya juga cakep.

    Terus, aku sempet ngintip list buku yang udah kamu baca selama tahun 2013. Jadi tertarik pengin baca juga. Rapi banget blogmu ini.

    Perbanyak giveaway dan review ya. Terus sebarkan virus membaca.
    terima kasih sudah mengadakan giveaway yang ketje ini.

    Yuska
    @yuska77
    miss_yuska@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. Hai, salam kenal.. Ikutan ya..

    Aku suka sama layout blog-nya, terutama header-nya. Postingnya juga lumayan sering. Semoga tetep rajin posting ke depannya :D

    Lutfia
    @lulutfia_
    namakulutfia[at]yahoo.com

    ReplyDelete
  24. Hallo, kak. Salam kenal ;)
    Pendapat aku aja nih yah. Blog kakak udah bagus kok diliat dari mana aja. Ini menurut aku lho. hehe.

    Nama: Jesica Astarina
    Twitter : @Jesica____
    Email : desnita_girls@yahoo.com

    Terima kasih udah ngadain giveaway. sukses selalu ;))

    ReplyDelete
  25. Aku suka sama blogmu Tirta. Rapi, bersih dan kesannya vintage.
    ini malah mo minta dibuatin layout kayak gitu #lho

    AKu silent reader di blog ini, maaf ya jarang komen.
    anyhoo...met ultah :)

    ReplyDelete
  26. Haloo Tirta, menurut aku sih over all udah bagus. Design blognya bagus, serba ungu! Hihi. Aku juga suka pilihan bacaan kamu. Saran aja sih, kalo bisa label nya ditambahin nama penulisnya juga dong :)
    Btw, selamat ulang tahun IPR! Selamat ulang tahun juga Tirta!

    @aizaturrhmh
    aizzatur_27@yahoo.com

    ReplyDelete
  27. Sebelumnya selamat ulang tahun ya Tirta :)
    Secara keseluruhan menurutku blog ini udah bagus ^^
    aku suka sama desainnya yang ringan dan simpe jadi cepet loadingnya, ga terlalu kelamaan pas buka blog ini(inet siput).

    Nama: Intan Ratnasari
    twitter: @_tantintun
    email: ymmot_in@hotmail.com

    ReplyDelete
  28. Hai Tirta, selamat ulang tahun :)

    Aku suka sama layoutnya, bikin nyaman ke mata. tapi itu headernya agak ga nyambung xD
    ya itu aja sih, soal postingan ga ada masalah, bagus-bagus :)

    nama: Chantia
    @cheonchan
    dpengenpinter@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Hai Tirta, selamat ulang tahun ya :)
    layoutnya udah bagus, warnanya nyaman di mata, tapi headernya ga nyambung ._.v
    soal postingan mah ga ada masalah, bagus".

    Chantia
    @cheonchan
    dpengenpinter@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Hai, tirta, selamat ulang tahun untuk IPR yaa :-)
    Layout IPR simple & nice. Blog ini juga cepet dibuka.
    waktu itu yang pertama kali membaca aku ke sini itu postingan TTT yang dihost sama Broke and Bookish, jadi tau kalo ada BBIers yg ikutan meme internasional ini. Hehhe.
    Review yang kamu bikin juga termasuk yang aku suka. Hihi. Mungkin karena belakangan, bacaan kita mirip.

    Terus, kamu kan udah banyak baca novel YA, cuma reviewnya masih sedikit di sini. Kan lumayan nanti reviewnya bisa ngasih virus YA ke BBI/blogger yang ngikutin blog kamu X)

    Rock on, IPR!

    Fauziyyah Arimi (Ziyy)
    @faraziyya
    arimifauziyyah@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Halooo Tirta, ah aku jadi ingat adikku namanya juga Tirta. Tapi dia cowok, awalnya juga aku ngira kamu cowok, eh ternyata! Maaf~ Tirta cantiiikkk :)

    Eh, selamat ya sudah masuk PTN. Semoga berkah dan kuliahnya berkah :)
    Selamat lagi, bulan ini ulang tahun :) Ke berapa nih? Semoga selalu berada dalam lindunganNYA :)

    Ok, saatnya komentar tentang IPR ya?
    Content sudah OK, semua juga mengakuinya. Hanya saja aku ingin berkomentar tentang font yang kamu pake nih Tirta. Terlalu banyak jenis font yang kamu pake di blog, itu bisa menimbulkan ketidak nyamanan pembaca. Size-nya (jujur saja nih, aku yang pake kacamata rasanya agak terganggu, semoga pembaca yang lain juga seperti itu, terutama yang pake kacamata), kemudian pemilihan warna font kan ada yang ungu ya, nah karena background template kamu agak pink keungu-unguan ini menimbulkan efek shine yang cukup mencolok. Kalau saja pemilihan warnanya ditetapkan hitam, nah itu akan lebih memfokuskan pembaca pada konten tulisan yang kamu post :)
    Bukankah tujuan kamu juga itu? Sukses ya Ta :)

    ReplyDelete
  32. (/ ◦^▾^◦)/ ː̗̀[۵ ̾̾۵ ̾̾۵ ̾̾]ː̖́ (O̷̴̷̴̐ﻬO̷̴̷̴̐∫ƪ) | "Happy birthday!! Ayo tiup lilinnya!!"

    Sejujurnya ini baru pertama kalinya berkunjung ke IPR,
    kesan pertama sekilas mirip blognya Stefanie Sugia; http://www.thebookielooker.com, sama-sama vintage gitu...suka karena simple dan bikin adem...

    Saran:
    1. Dari segi isi harus lebih up date. Kalo selama 2013 yang lalu mungkin karena sibuk belajar ya, hehehe... Nah setengah tahun ke depan bisa lebih rutin lagi. Caranya, ikut aja #PostingBarengBBI yang tiap bulannya ada dua tema bacaan yang akan diposting. Bisa juga ikutan Reading Challenge, salah satunya bisa ikutan Indonesia Romance Reading Challenge yang diadain Mbak @yuska77, lumayan tuh beberapa postingan Tirta bisa masuk kategori ini... ;)

    2. Untuk penempatan widgetnya kayaknya nyaman kalo di satu sisi aja, kalo kanan kiri, yang mau baca postingan kita gak fokus karena terlalu rame.

    3. Untuk arsipnya bisa dibuat drop down atau dipotong jadi gak terlalu panjang ke bawah.

    Semoga sukses terus ama blog bukunya yaaa.... ;)

    #TebarGaramKeberuntungan
    #MerapalJampiJampiBuntelan

    Luckty Giyan Sukarno/ @lucktygs
    catatanluckty[at]gmail.com
    http://luckty.wordpress.com
    http://catatanluckty.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. Hai Tirta!
    Aku jadi ingat sama adikku, namanya sama :) Tapi dia cowok. Hehehehe :) Awalnya aku juga ngira kamu ittu cowok, apakah banyak orang yang punya pikiran sama denganku ketika membaca namamu?

    Eits! Selamat ya, selamat untuk:
    1. IPR-nya, semoga sering diupdate, hihihihi
    2. Ulang tahun ya bulan ini? Semoga selalu dalam lindungan Allah dan mendapat limpahan kasih sayang.
    3. Ciiieeee.....sudah ketrima di PTN :) Senangnyaaa :)

    Selamatnya sudah ya? Pokoknya SELAMAT!
    Ok, karena kamu minta kasih komentar untuk IPR, sip, siap!
    Kamu penyuka warna ungu ya? Warna janda-kata orang, ihhh...tapi elegan lho ya.
    Secara konten, aku suka. Tapi sayangnya jarang diupdate, padaha itu penting.
    Tapi yang jadi sorotan aku adalah mengenai font, font size, dan color font-nya Ta :)
    Alangkah lebih baiknya di dalam blog itu jenis font-nya maksimal ada 3 Ta, karena biar nggak buat pembaca bingung.
    Mengenai font size, alamaaaakkk...ada yang kecil ada yang gede, jujur aja aku yang pake kacamata ini agak terganggu Ta, ku yakin pembaca berkacamata sepertiku punya suara yang sama, alangkah lebih baiknya konsisten aja Ta.
    Trus mengenai color font, karena background kamu udah unyu-unyu alias ungu, alangkah lebih baiknya color font-nya juga jangan ungu, ini akan menimbulkan efek shine yang mengganggu pembaca. Bagaimana kalau warna hitam saja? Itu akan lebih memfokuskan pembaca pada postingan kamu?
    Bagaimana? Ini masukan dari aku ya, semoga bermanfaat buat kamu dan IPR.
    Sekali lagi, selamat ya sudah jadi mahasiswi :)

    @diyanika
    ichaituika@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Salam kenal :D aku suka blognya. simple, unyu, rapi, teratur dan dominasi warna unguuuuu hehehe. kalau dari postingan aku agak males baca sesuatu yg berbahasa inggris jadi yah begitu lah hehe *abaikan*

    Dyah Ayu Septiarini
    @dyahseptiarini
    septiarinidyahayu@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  35. Nama :Cecilia Amanda
    Email: fuqingqing@rocketmail.com
    Twitter : qingqingfu

    Layout blognya bagus. Vintage dan unik. Tapi warnanya kok ungu? Di kota saya katanya orang kawinan dekornya jangan warna ungu, karena warna janda #justkidding ^_^.
    Blognya bagus dari review maupun layout cuma font-nya agak kecil (atau minus mata saya yang naik?) Lebih sering review lagi ya.
    NB : Lulus PTN mana mbak?

    ReplyDelete
  36. I love everything about this blog! Mulai dr layout yg simpel tp kece (P.S aku suka bgt headernya!), n popostingan bukumu jg sringan sesuai sm seleraku (highfive!). Tingkatkan terus ya! Makin sering posting okay!! :D anywau congrats and salam kenal! :D

    Nama: Alfindy Agyputri
    Email: alfindy.agyputri@yahoo.com
    Twitter: @alfindyagyputri

    ReplyDelete
  37. Hay Tirta.

    Menurutku blognya bagus. Simpel. Tulisannya standart dan enak dibaca. Ngedesain post-nya niat. Ahahahaha.. Dan selera kita mirip-mirip.

    Nama: Nana
    Email: martina.s.darulI@gmail.com
    Twitter: @_marsh113_

    ReplyDelete
  38. Kalo menurutku, sih IPR itu nggak neko-neko. Tapi tulisannya kekecilan dan bikin spasinya agak renggang di kit biar nyaman dibacanya. Udah, gitu aja, deh.
    Oh, ya selamat ultah ya Mbak.
    Nama : Dian S. Putu Amijaya
    Twitter : @DeeLaluna
    Email : dputu26@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Halo salam kenal. :)

    Menurutku blognya simpel, gak banyak ini-itu yang bikin mata silau, pas dibuka juga gak berat. *ini itu apa? O.o*. Cuma aku ngerasa pas scroll up/down backgroundnya bikin pusing ya? *dijitak. Fontnya juga kayaknya butuh diperbesar lagi.
    *oh iya saya pernah mampir beberapa kali kesini* #GakAdaYangNanya

    Nama: Arif Kurniawan
    Twitter: KurniArif_
    E-mail: ariefkurnia79@yahoo.com

    ReplyDelete
  40. Halo, salam kenal. :)

    Menurutku blognya simpel gak banyak ini itu *apa coba ini itu*, jadi pas buka blog ini jadi gak berat. Cuma backgroundnya agak memusingkan pas scroll up/down trus fontnya juga kurang besar. *dijitak. Tapi, aku suka koq postingannya, yang rata2 buku YA itu.

    Nama: Arif Kurniawan
    Twitter: @KurniArif_
    email: ariefkurnia79@yahoo.com

    ReplyDelete
  41. Hai Tirta!
    First time berkunjung ke blog ini, dapet link dari @updateblog.. dan tertarik pengen ikut GA nya, mau bukuu >.<

    Btw sebelum ngasih saran.. kita sama loh, sama-sama pecinta agust :) dan alasannya pun sama, ulang tahun! haha.. dan ituu akhir giveawaynya juga tanggal 25 kan? pas dihari ulangtahun aku *jadi curhat* moga bisa jadi kado spesial deh yaa *ngarep* :D
    Sebagai sesama agustus, Happy birthday yaa Tirta, selamat ulangtahun juga buat IPF, ultah blognya tanggal 22 kan ya? *eh :D

    Nah, berhubung baru pertama main kesini..
    overall, nice.
    tampilan blognya asik, gak ngebosenin, simpel, gak bikin pengunjung bosen lama-lama disini.

    Kalo buat backgroundnya, kalau bisa sih scroll yg gerak2nya gak diaktifin.. jadi pas pengunjung mau scroll kebawah gambarnya gak ikutan gerak juga.. biar mata gak capek
    tulisan fontnya juga digedein yaa :)

    kalau dari segi postingan, belum sempat baca ._. habis ngisi syarat2 GA ini insyaAllah baru mulai ngepoin postingannya satu2 *bersiap2lah punya banyak rekomendasi buku yg mau dibeli :3, tanggung jawab loh ya? 150rb aja cukup kok #eh :P*

    Berhubung aku juga sebenernya suka banget baca, tapi sering mendadak males baca ato diganggu kesibukan lain, atau malah gak tau mau baca buku apaa.. kali aja berawal dari ikut GA ini jadi lebih semangat lagi ngebacanya :D dan buku2nya juga reccomended semua, hasil review IPF (y)

    Vivi Mulya Ningsih
    @vivimulyaa
    mulya.vivi@yahoo.com

    *sorry for a long comment :D*

    ReplyDelete
  42. Selamat ulang tahun Tirta dan IPR!!

    Wah, ternyata aku ga ngeh dengan blog ini, mungkin pernah mampir 1-2 kali. Setelah kulihat2 lagi postingan kamu, aku suka cara mereviewmu, bahasanya rapi dan menyampaikan sekali apa yang kamu dapat dari bacaanmu. Semoga setelah ini bisa lebih banyak postingan reviewnya ya, siapa tahu ada buku yg aku jadi tertarik baca gara2 reviewmu, hehehe.

    Tampilannya cukup rapi sih, soal layout dan warna aku ga terlalu berkeberatan dengan selera para blogger yang memang beda2. Kalo postingan udah mulai banyak sepertinya perlu tambahan kategori lagi deh, pengarang misalnya, biar lebih spesifik.

    Udah sih itu aja, sukses buat Tirta di dunia perkuliahan, maupun di dunia per-blogbuku-an :))

    Busyra
    @bzee_why
    busy_mail125@yahoo.com

    ReplyDelete
  43. whoaaaa Happy Birthday, Selamat ulang tahun, happy milad, feliz cumpleaños, saengil chukkahamnida, joyeux anniversaire!!!
    blog ini udah comfort menurut saya, tapi pas liat review index kok blog yang kelihatan 'rame' ternyata reviewnya sedikit :/ diperbanyak lagi dong, klo bisa review buku fantasi YA ya #eh #inirequest ._.v
    trus header kayaknya maksa ya? nggak cocok sama tema blog ini yang khusus buku, coba ganti headernya yg all about books gitulah :D
    gitu aja sih, soalnya menurut saya blog ini udah kereen!

    Amelia
    @meliarawr
    fantasy_narnia@yahoo.com

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. hi salam kenal.. :)
    ikut join y..
    menurut saya your blog is very simple.
    background putih tanpa ada hiasan apapun dan hanya ada pemanis di headernya jadi point plus buat saya... :)
    point plus lagi nih Tirta yang baru keluar SMA aja bisa bikin blog, nulis semua yang kamu paham.
    saya belum bisa move on dari yang namanya tulis menulis. ngedadak buntu otaknya... huhu
    mungkin sedikit saran, lay out nya dikecilin. susah kalo mau liat secara keseluruhan. harus scroll kiri-kanan bikin (sedikit) ribet. (menurut saya loh ya).
    terus berkarya, terus menulis, supaya banyak yang singgah, banyak yang tau tulisanmu.

    terimakasih...
    Nama: Non Fajar Salsabil
    Twitter: @NonFajar
    e-mail: n_salsabil@yahoo.com

    ReplyDelete
  47. Hi salam kenal ya...

    Menurut ku blog design nya udah bagus, dan ternyata aku baru ngeh. Pernah 3x baca blog ini. Dan baru ngeh, ternyata design nya bagus.
    Secara mereview, reviewan nya mudah di mengerti :) semoga makin banyak review buku buku nya :)

    Twitter: @sasawrr
    Email: sasasawwrr@gmail.com

    ReplyDelete
  48. Hi salam kenal...
    Happy Anniversary ya blog nya...

    Kalau menurut aku sih blog nya simple tapi berkesan, header nya bagus keren dan aku suka banget :)

    Kalau postingan kamu juga bagus :)
    Dan review nya juga bisa di pahami dan keren, aku jadi bisa belajar cara mereview buku seperti apa. Mungkin postingan nya ditambah, dengan review buku buku nya :)

    Itu aja, semoga tambah sukses ya blog nya :)

    Nama Rafflecopter: Sarah Kamila Najmi
    Twitter : @sasawrr
    Email : sasasawwrr@gmail.com

    ReplyDelete
  49. Hi salam kenal ya...
    Happy Anniversary ya...

    Kalau menurut ku blog nya simple :) apalagi Header nya juga keren, bagus, dan eyecathing, enak di lihat, suka banget :)

    Kalau isi blog nya, mungkin kurang reviewan buku nya, tapi review buku itu sendiri keren banget, jadi banyak belajar cara mereview buku yang bener dan asik, makasih ya.

    Nama Rafflecopter: Sarah Kamila Najmi
    Twitter : @sasawrr
    Email : sasasawwrr@gmail.com


    Itu aja sih, huehehe :)
    Semoga tambah sukses blog nyaa :)

    ReplyDelete
  50. Hai kak sebelumnya aku mau ngucapin happy first anniv ya untuk blognya. Hmmhh setelah aku kepoin ternyata banyak postingan bagus-bagus, berbahasa inggris lagi. Aku juga suka sama background blognya ungu-ungu gimana gitu, matching dengan pernak-pernik penghias blognya, aku juga suka banget sama tulisan-tulisan yang quick search, follow by email, post labels, dll, entah kenapa cocok banget padannya. Entah karena aku suka warna ungu atau gimana tapi blog ini terlihat anggun dan sederhana.
    Hani Sutina
    @HaniSutina2
    Hanisutina@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Hai kak sebelumnya aku mau ngucapin happy first anniv ya untuk blognya. Hmmhh setelah aku kepoin ternyata banyak postingan bagus-bagus, berbahasa inggris lagi. Aku juga suka sama background blognya ungu-ungu gimana gitu, matching dengan pernak-pernik penghias blognya, aku juga suka banget sama tulisan-tulisan yang quick search, follow by email, post labels, dll, entah kenapa cocok banget padannya. Entah karena aku suka warna ungu atau gimana tapi blog ini terlihat anggun dan sederhana.
    Hani Sutina
    @HaniSutina2
    Hanisutina@gmail.com

    ReplyDelete
  52. nama Rafflecopter: Ni Made Ayu Cynthianingrum
    Twitter : @iniayuCN7 twitter yg lain @cynthianingrum1
    Email : cynthianingrum7@gmail.com

    Aku suka headernya terus backgroundnya kurang nih..
    sama hmm..mungkin tulisannya kali ya yg harus di variasiin sedikit :D
    by the way kita seumuran ya? kamu lahir tahun 1995 juga?
    salam kenal ya :)
    aku masih belajar bikin blog, jadi belum ngerti bener.. uh :(
    semangat ya ngblognya :) semoga blognya rame..amien :)

    ReplyDelete
  53. Nama Rafflecopter: Ni Made Ayu Cynthianingrum
    Twitter : @iniayuCN7
    Email : cynthianingrum7@gmail.com

    headernya aku suka, backgroundnya ditambahin kali ya sama tulisannya di variasiin dikit. Hmm aku suka banyak english di blog ini, sekalian aku juga lg belajar english :)
    oiya, kita seumuran ya? km lahir thn 95 juga?
    aku tahun ini baru lulus SMA :D
    salam kenal ya..
    aku baru-baru belajar bikin blog, dan masih stuck entahlah itu :(
    semoga blog km rame ya..amien :)

    ReplyDelete
  54. Happy birthday IPR! Hmm kalo disuruh komen tentang layout/background atau postingan, kayaknya komennya bagus-bagus semua. (layout) dari segi warna, menurut aku udah cukup bagus karena ga bikin orang susah untuk baca postingan. (trust me, I ever visited some blog which every seconds that I spent on that blog, I felt like my eyes were going to be blind anytime soon.) Trus juga, aku suka sama postingan-postingannya IPR karena ga melulu soal review. Salah satunya yang Ten Words or Topics That Will Make Me Ignore a Book. You got the point about it! Well, I think I said enough.

    Keep reading and posting! \m/

    Dea
    @nightmeadow
    21deanatasya@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Hai.. salam kenal ya kak Tirta :)
    Happy birthday ya! Aku juga ultah bulan Agustus *gaadaygnanya*
    Selamat juga ya udah masuk ke PTN!
    IMO, blognya sederhana tapi bagus, headernya juga manis walau memang gamabarnya sedikit kurang nyambung sama tulisan 'reading'nya, hehe :)
    dan aku salut sama kak Tirta yang baru tamat SMA tapi bisa nulis post dan review bahasa Inggris.. kapan ya aku bisa kayak gitu juga? haha *malahcurcol
    terakhir, mungkin review bukunya bisa dibanyakin lagi terutama review buku yg bahasa Indonesia.

    nama: Agustini
    twitter: @tiniilicious
    e-mail agustini906(at)gmail(dot)com

    ReplyDelete
  56. twitter @Litaa_FAN
    email : yangchen85@yahoo.com
    nama rafflecofter : lita
    yg di rafflecofter ada yg salah ketik , udah aku ganti. ( yg recomend itu : all you can eat-christian simamora)

    Saran ku sih : lebih banyak lagi yg direview ,, kalau bisa genrenya yg beda .. Metropop , atau fantasy.
    Kalau aku liat , banyak review yg terjemahan yaa. Yang lokal , banyakin dong (cari novelnya orizuka , ilana tan , winna efendi , dll)
    Untuk reviewnya aku suka , bagus !! Ga membocorkan adegan penting , dan bikin penasaran.


    Untuk desain ,

    ReplyDelete
  57. tambahan : tulisannya terlalu kecil ..

    @Litaa_FAN
    lita
    yangchen85@yahoo.com

    ReplyDelete
  58. penampakan dari luarnya bagus banget banget banget! aku suka backgroundnya, pas mau ke bawah si backgroundnya berefek, warnanya juga manis! gadgetnya juga rapi. nilai 10 deh!
    Oh ya, selamat ulang taun buat blognya sekaligus yang punyanya <:o)
    rajin-rajin posting dan baca bukunya, hihi :D

    yustie amanda
    @yyyustie
    yustieamanda@gmail.com

    ReplyDelete
  59. Selamat ulang tahun buat blog kece ini!

    Untuk postingannya tidak ada yang perlu dikomentari, saya suka review-reviewnya :)) tapi... untuk tampilan fisik, layout-nya sedikit terlalu kebesaran dan, kalo menurut saya sih kurang rame warna blog-nya, terlalu sepi dan monoton.


    Nama : Ariansyah
    twitter : @ariansyahABO
    email : ariansyahabo@gmail.com

    ReplyDelete
  60. met ultah yaa, IPR, dan selamat juga udah diterima di PTN ;)

    blognya udah otree.. gampang dibuka, ngga pakai lama :D

    Indah
    indah79ers @ yahoo.com

    ReplyDelete
  61. Halo IPR, Happy Birthday yaa ..
    menurutku blog IPR udah bagus banget, apalagi dikihat secara konten/isinya .. secara aku emang suka banget sama blog-blog buku, yaah meskipun blog aku bukan blog buku :( (aku bukan tipe orang yang tekun mendalami satu aliran blog :D)
    Saranku satu aja sih, untuk tampilannya sudah bagus, tapi lebar layoutnya mungkin bisa diperkecil lagi, krn untuk membaca secara lengkap dari mini notebook seperti punyaku ini, agak kesulitan untuk melihat secara lengkap (harus geser kanan geser kiri :p). Kalo tampilan browsernya yang diperkecil, malah ga kelihatan tulisannya :3. Tapi overall dari blog ini, GoodJOB ;)

    Renyta
    @rerepsycho
    renyta.psiko@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  62. Menurutku, secara keseluruhan IPR udah bagus kok. Desainnya sederhana dan enak dilihat. Cuma hurufnya aja yang agak kekecilan sehingga orang-orang yang matanya minus seperti saya sedikit kurang nyaman membacanya.

    Dinda Lestarini
    @dien_da
    dindalestarini89@gmail.com

    ReplyDelete
  63. I Prefer Reading? Semoga semakin menggiatakan orang untuk lebih banyak membaca :)

    Tezar @tezarnet @tezarnet@gmail.com

    ReplyDelete
  64. halu salam kenal,

    aku liat dari segi tampilan aja yah.. menurutku IPR dah oke, simple dan tidak penuh dengan printilan di kanan kiri. Warna juga simple, dan aku suka dengan blog yang fontnya mudah dibaca seperti disini :)

    btw belakangan ini aku googling cari ide tampilan blog, aku liat yang masuk poling beautiful blog biasanya cuma dibagi 2 sekat, entah di kanannya posting atau di kirinya posting. Trus mereka pada suka pakai background polos.. mungkin kapan2 kalau lagi mood ngutek2 blog bisa dipake salah satu alternatif? :p

    ajeng g sitoresmi
    @ajeng_poyeng
    admin@poyenghobby.com

    ReplyDelete
  65. blognya enak diliat, warnanya ga bikin silau dan rapi ga terlalu ngejelimet. Aku suka bingung klo nemu blog yang bagus tapi rame bgt jadi bingung XD
    postingannya uda oke, aku suka baca :D

    Happy blogversarry ya!

    Ikao
    Twitter : @skyducken
    Email : skyikao@gmail.com

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum... Hai, hai Tirtaa.... Happy Milad yaa, Sist... semoga usianya semakin berkah dan bermanfaat, Amin...

    By the way.... "I Prefer Reading", nama blognya sudah bagus banget, aku suka... secara i love reading so much, hehehe.... Dari beberapa postingan yang aku baca saya juga suka, original, punya kekhasan kata-kata kamu sendiri... tapi yang sedikiiit aku sayangkan, menurutku lho ini, tampilannya agak kurang enak, terlihat nggak rapi.... mungkin kamu bisa menempatkan widget-widget tersebut salah satu bilah aja, entah itu disebelah kiri atau mungkin kanan.... dan postingan kamu bisa kamu tempatkan juga dibilah lainnya.... Itu cuma menurut pendapatku aja lho, hehe...

    Udah, segitu aja dari aku, terakhir... tetaplah membaca dan menulis yahh, dan salam kenal dari saya :)

    Wiwi Widiani
    @awdee17
    awdee.rusmana@yahoo.com

    ReplyDelete
  67. barrakallah ya mbak :))

    blognya udah bagus dan enak di baca, enak di lihat juga. tnggal d rapihin sedikit kaya pake justify dan tata letaknya di atur :)

    makasih, sukses seelalu ^^

    @ishavanisa
    ishavanisadesfriani@gmail.com

    ReplyDelete
  68. aku suka blognya karena orisinil, baik itu desain blog dan reviewmu :)
    Desainnya simple tapi nggak akan ditemuin di blog lain, aku percaya kamu pasti kerja keras ngutak atik blog ini, soalnya aku juga sering gitu :). Dan reviewmu juga khas, itu yang paling penting.

    Pertahankan keorisinilanmu yah :)

    Sulis
    @peri_hutan
    zhuelhiez(at)yahoo(dot)co(dot)id

    ReplyDelete
  69. Selamat ulang tahun, selamat menjadi mahasiswi, selamat untuk blog bukunya yang bagus sekali :D Salam kenal ya :D Tirta-san diterima di univ/jurusan apa nih? 8D >> ketauan pembaca baru :p

    Terasa sekali kalau Tirta-san sudah memberikan sentuhan pribadinya dalam caranya mengisi blog buku ini, jadi, ya, misalya dengan membaca post/review Tirta-san, orang sudah mendapat bisa merasa "berbagi" dengan Tirta-san :D apa yang Tirta-san suka dari buku anu, dst. dst. :D keep loving what you're doing, i would say :)

    Serng-sering buat giveaway A____A (dilempar)

    Cheers :D
    Khairisa R.P
    @nonarisa
    plizz.dont.make.me.sad@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Selamat ulang tahun, selamat menjadi mahasiswi, selamat untuk blog bukunya yang bagus sekali :D Salam kenal ya :D Tirta-san diterima di univ/jurusan apa nih? 8D >> ketauan pembaca baru :p

    Terasa sekali kalau Tirta-san sudah memberikan sentuhan pribadinya dalam caranya mengisi blog buku ini, jadi, ya, misalya dengan membaca post/review Tirta-san, orang sudah mendapat bisa merasa "berbagi" dengan Tirta-san :D apa yang Tirta-san suka dari buku anu, dst. dst. :D keep loving what you're doing, i would say :)

    Serng-sering buat giveaway A____A (dilempar)

    Cheers :D
    Khairisa R.P
    @nonarisa
    plizz.dont.make.me.sad@gmail.com

    ReplyDelete
  71. Selamat hari lahir, selamat menjadi mahasiswa juga... di univ/jurusan apa btw nih btw? 8Da >> ketauan pembaca baru 8D selamat juga untuk blog bukunya yang bagus tapi tetep terasa personal.

    saya rasa tirta-san sudah bisa membuat blognya memiliki sentuhan pribadi yang membuat orang yang baca bisa berbagi opini dan macam-macam hal sekaligus "mengenal" Tirta-san dari hal-hal "seputar buku" 8D

    Sering-sering buat giveaway ya 8D keep struggle for doing what you love 8D hehehe.

    Cheers :D Salam kenal :D Terima kasih untuk giveawaynya, selamat juga karena berhasil sampai sejauh ini ^^ (apa coba)

    Khairisa R.P
    @nonarisa
    plizz.dont.make.me.sad@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Hmm... I Prefer Reading layoutnya sudah oke kok menurut saya. Isinya juga cukup variatif. Selain ada review buku, juga ada postingan lain yang non-review, tapi masih berhubungan dengan buku dan membaca.

    mungkin IPR bisa coba ikut meme seperti Wishful Wednesday atau Buying Monday yang diselenggarakan anggota BBI, biar blognya bisa lebih dikenal.

    Biondy
    @biondyalfian
    biondyalfian[at]yahoo[dot]com

    ReplyDelete
  73. Halo, Tirta. Selamat ulang tahun dan salam kenal sekalian. Semoga di tahun ini semuanya makin bertambah baik di hidupmu. ^^

    Mengenai blog IPR ini, aku suka banget. Layoutnya manis, dan warna-warna yang dipakai juga so sweet kayak gula-gula. Isi blognya tentu aja suka, secara aku juga pencinta buku dan doyan ngecekin review sebelum membeli buku, blogmu membantu ngasih informasi itu.

    Happy Birthday once again ^^


    Orinthia Lee
    @orinthialee
    orinthialee@yahoo.com

    ReplyDelete
  74. Sbg pehobi baca buku, sy suka kalau dpt rekomendasi buku2. Jd blog Tirta bisa jadi tempat buat nimbang2 mau beli atau baca buku yg di review. Sekalian belajar mereview jg. Salam kenal.

    Twitter : @dianniesayang
    yuindee1972@gmail.com

    ReplyDelete
  75. Halo Tirta, pertama mau ucapin selamat ulang tahun yah untuk dirimu dan juga selama udah berhasil rutin menjalankan blog selama 1 tahun, it's not easy if you're busy, I knew it. Karena itu aku tepuk tangan untuk kamu dan blogmu.

    Soal pendapatku sola IRP sendiri, aku sih gak ada problem di layout, design ataupun font. Semua udah cukup nyaman buatku pribadi. Soal header, biasanya orang ga terlalu perhatiin header, tapi leboh enak dilihat kalau headernya jangan gambar kota besar. Mungkin lebih baik yg lebih menenangkan misal perpustakaan, rak buku, lautan, hutan atau pegunungan. Tapi ini cuma selera saja sih.

    Yang terpenting dari blog bukan cuma tampilan tapi isi dan contentnya juga. Karena itu perbanyak terus isinya dan rutin updatenya.

    Nama : Lina Riyanty
    Twitter : @arynity
    Email : lina.riyanty@gmail.com

    ReplyDelete
  76. hay kak tirta! aku ikutan giveaway nya yah:)
    sebenernya aku gak begitu ngerti soal blog dan tampilan nya, aku baru menyukai blog baru baru baru ini,hehe aku kudet. tapi kalo menurut aku tampilan blog kaka udah bagus kok,menarik gitu. tapi kalo aku boleh saran kenapa warna blognya gak warna yg kalem aja? soalnya kalo yg warna ungu ini mencolok banget dan malah bikin mata pegel kalo ngeliatnya lama2. trus kalo masalah postingan mungkin kaka harus lebih banyak lagi merivew buku buku yg menarik dan seru agar pembaca betah menikmati tulisan kaka, dan kalo menurut aku kaka harus lebih sering mempromosikan (udh kaya jualan aja haha) *abaikan* blog kaka ini agar orang lain tau soalnya td aku liat komenan nya ada org yang gak mengetahui blog kaka ini.



    Nama: Linda Novianty
    twitter: @NoviantyLinda
    email: NoviantyLinda@yahoo.com

    ReplyDelete
  77. Nama: Siti Robiah A'dawiyah
    Twitter: @raindropsiro
    Email: nazwa.raihan@gmail.com

    Design blognya simple, gak ribet, dan waktu membukanya gak bikin loading lama karena terlalu banyak pernak-pernik widget.Mungkin dari segi font hurufnya bisa diperbesar. Ini aku sampai harus pakai kaca mata ^_^.
    Postingan aku suka,buku-buku yang direviu unik-unik.
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  78. Halo Tirta, salam kenal ya :)

    Pendapatku soal IPR adalah aku suka tampilan blog kamu. Karena aku suka yang serba lurus dan tertata rapi, dan itulah blog kamu.

    Aku suka warna ungu yang mendominasi blog kamu. Dilihatnya nyaman dan ga bikin bosan. Terus tampilannya juga terlihat kalem dan ga rame. Soalnya agak pusing baca blog yang terlalu 'rame'. Aku suka jenis font nya, ga ribet dan mudah di baca.

    Udah sih segitu aja :) Terimakasih udah buat GA ini, aku ikutan yaa hehe.

    Nama : Dyah Muawiyah
    Twitter : @dyahmuawiiyah
    Email : dyaahmuawiyah@gmail.com

    ReplyDelete
  79. Halo Tirta, salam kenal :)
    Aku ikutan giveaway nya yah :)

    Pendapatku tentang blog ini adalah, aku suka sama tampilan blog kamu. Dengan warna ungu kalem yang mendominasi, ngebuat aku nyaman baca baca blog ini dan ga ngebosanin. Terus font nya simpel dan ga ribet, jadinya ga sakit mata.

    Segitu aja, makasih :)

    Nama : Dyah Muawiyah
    Twitter : @dyahmuawiiyah
    Email : dyaahmuawiyah@gmail.com

    *nb : maaf kalo komen nya dua kali. tadi salah makai akun hehe

    ReplyDelete
  80. Asyik juga ya bikin blog kayak gini, salut buat kamu. Someday, aku juga pengen banget bikin blog semacam ini, jadi semacam album kenangan bagi semua buku yang pernah kubaca, atau jadi laman istimewa, tempat bernostalgia bagi semua buku favoritku.

    Untuk tampilan blog, sesuaikan aja sama kepribadianmu. Kalau desain seperti ini sih, not bad. Tapi jangan terlalu rame ya, biar kami yang baca bisa fokus ke review-mu aja. :))

    Harapanku, semoga dengan banyaknya blog seperti IPR ini, gerakan membaca semakin meluas. Semoga orang yang lebih cinta gadget daripada buku mengubah pikirannya menjadi: "melalui gadget, aku bisa mencintai dan membaca buku."

    Good job and happy reading, guys!

    Nama: Fatimah Azzahrah
    Twitter: @asya_azalea
    Email: fatimah.azzah@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Asyik juga ya bikin blog kayak gini, salut buat kamu. Someday, aku juga pengen banget bikin blog semacam ini, jadi semacam album kenangan bagi semua buku yang pernah kubaca, atau jadi laman istimewa, tempat bernostalgia bagi semua buku favoritku.

    Untuk tampilan blog, sesuaikan aja sama kepribadianmu. Kalau desain seperti ini sih, not bad. Tapi jangan terlalu rame ya, biar kami yang baca bisa fokus ke review-mu aja. :))

    Harapanku, semoga dengan banyaknya blog seperti IPR ini, gerakan membaca semakin meluas. Semoga orang yang lebih cinta gadget daripada buku mengubah pikirannya menjadi: "melalui gadget, aku bisa mencintai dan membaca buku."

    Good job and happy reading, guys!

    Nama: Fatimah Azzahrah
    Twitter: @asya_azalea
    Email: fatimah.azzah@gmail.com

    ReplyDelete
  82. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

Thank you for reading this post! I always love to share and discuss thoughts about books or simply reading your comments; they are very much appreciated! I will try to reply every one of them so make sure to check back. ❤