January 08, 2014

On My Wishlist ― Athena, Amba, dan Gelombang ke 5

Satu insiden kecil di losmen mempertemukan Widha dengan Nathan. Mereka menjadi rekan seperjalanan; menyusuri Agora, Plaka, lalu ikut larut dalam keriaan sepasang pengantin baru di Rafina. Rasa bertumbuh seiring kaki-kaki mereka melangkah, dan binar tepercik setiap kali keduanya berserobok pandang.
Namun, di sebuah kios buku kuno di Monastiraki, Widha melihat hantu masa lalunya. Seseorang yang tidak seharusnya hadir di kota impiannya. Sosok yang gagal dia lupakan.


Di antara puing-puing kuil Parthenon, ada reruntuhan hati yang siap dibangun kembali.

Athena: Eureka! karya Erlin Natawiria, diterbitkan Desember 2013 oleh Gagas Media


Selain karena covernya yang cantik dan latar tempatnya yang mengambil lokasi Athena, belakangan aku memang lagi suka dan tertarik sama cowok keturunan Yunani segala sesuatu yang berbau maupun berkaitan dengan Yunani :))



Amba anak sulung seorang guru di Kadipura, Jawa Tengah. Ia meninggalkan kota kecilnya, belajar sastra Inggris di UGM dan bertunangan dengan Salwa Munir, seorang dosen ilmu pendidikan yang mencintainya. Pada suatu hari di Kediri, ia bertemu dengan Bhisma Rashad, seorang dokter muda lulusan Universitas Leipzig yang bekerja di sebuah rumah sakit. Percintaan mereka yang intens terputus mendadak di tahun 1965, di tengah ketegangan dan kekerasan politik setelah Peristiwa G30S di Kediri dan Yogya. Bhisma tiba-tiba hilang---ketika Amba hamil.

Beberapa tahun kemudian, setelah Amba menikah dengan seorang peneliti keturunan Jerman, datang kabar bahwa Bhisma meninggal. Ia meninggal di Pulau Buru. Rupanya selama itu, sejak sebuah bentrokan di Yogya, Bhisma, dijebloskan dalam tahanan di Jawa, dan sejak akhir 1971 dibuang ke pulau itu, bersama 7000 orang yang dituduh 'komunis' oleh pemerintahan Suharto.

Amba, yang tak pernah berhenti mencintainya, datang ke pulau itu dengan ditemani seorang bekas tapol, seorang lelaki Ambon. Ia berhasil menemukan surat-surat Bhisma yang selama bertahun-tahun ditulisnya untuk dia—tetapi tak pernah dikirimkan, hanya disimpan di bawah sebatang pohon. Dari surat-surat yang selama bertahun-tahun disembunyikan ini terungkap bukan saja kenangan kuat Bhisma tentang Amba, tetapi juga tentang pelbagai peristiwa—yang kejam dan yang mengharukan—dalam kehidupan para tahanan di kamp Pulau Buru.

Amba: Sebuah Novel karya Laksmi Pamuntjak, diterbitkan Oktober 2012 oleh GPU

Amba ini satu novel yang sejak duluuu banget aku pengen baca, karena ceritanya berbumbu peristiwa sejarah. Banyak yang bilang bukunya bagus, kemudian, aku tertarik juga karena di sinopsis dikatakan bahwa Amba adalah mahasiswi jurusan Sastra Inggris, hehehe

Setelah Gelombang 1, hanya kegelapan yang tersisa. Setelah Gelombang 2, hanya orang-orang beruntung yang lolos. Dan setelah Gelombang 3, hanya yang tidak beruntung yang bertahan. Setelah Gelombang 4, hanya ada satu peraturan: JANGAN PERCAYA PADA SIAPA PUN.

Alien menyerbu Bumi dan menyapu habis manusia dalam beberapa gelombang. Cassie berhasil bertahan sejauh ini. Menurutnya, untuk tetap hidup, ia harus sendirian. Sampai ia bertemu Evan Walker. Cowok misterius itu mungkin satu-satunya harapan Cassie untuk menyelamatkan adiknya—atau bahkan menyelamatkan dirinya sendiri. Namun, Cassie harus memilih antara percaya atau putus asa, melawan atau menyerah, hidup atau mati.

The 5th Wave (Gelombang 5) karya Rick Yancey, diterbitkan Desember 2013 oleh GPU

The 5th Wave adalah salah satu buku yang hype-nya gila-gilaan banget di antara para pembaca YA di luar sana. Banyak banget orang yang bilang buku ini sebagai best read lah, pas dibaca buat fans berat The Hunger Games lah, dan segala macam. Meskipun udah lama berniat pengen baca, tapi ujung-ujungnya lupa terus sampai akhirnya GPU menerjemahkan buku ini. Yay! 

***

Ketiga buku di atas adalah tiga dari sekian banyak yang ada di wishlist-ku saat ini. Ada yang udah punya dan baca buku-buku tersebut? Kalau ada yang mau swap atau minjemin atau kasih gratis ke aku, akan diterima dengan senang hati, lho! :P

PS: Post ini aku submit ke meme mingguan milik Mbak Astrid, Wishful Wednesday.

9 comments:

  1. Wah, harapannya kelas berat nihh xD
    Semoga terkabul ya :D

    ReplyDelete
  2. Aku juga pengen baca ATHENA! :D

    Semoga terkabul ya! ;)

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/08/wishful-wednesday-39-perempuan-bernama-arjuna/

    ReplyDelete
  3. Cieee Athena-nya kok sama kaya gueee hahahaha ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita udah bisa telepati nih Niv? #lah haha

      Delete
  4. Aku juga pengen Gelombang 5 >.<

    Semoga cepat terkabul, Tirta...

    ReplyDelete
  5. tertarik sama amba dan gelombang 5 :) yang athena, tertarik karna setting yunaninya nih...one of dream destinations :) semoga terkabul yaaa

    ReplyDelete

Thank you for reading this post! I always love to share and discuss thoughts about books or simply reading your comments; they are very much appreciated! I will try to reply every one of them so make sure to check back. ❤