January 30, 2014

Gone Girl by Gillian Flynn & Tebak Secret Santa


ditulis oleh Gillian Flynn
diterbitkan 24 Mei 2012 oleh Phoenix (Orion Books, Hachette UK)
Adult Fiction/Thriller/Crime/Mystery
466 halaman
Pemenang Goodreads Choice Award 2012: Kategori Misteri & Thriller

***

On a warm summer morning in North Carthage, Missouri, it is Nick and Amy Dunne's fifth wedding anniversary. Presents are being wrapped and reservations are being made when Nick's clever and beautiful wife disappears from their rented McMansion on the Mississippi River. Husband-of-the-Year Nick isn't doing himself any favors with cringe-worthy daydreams about the slope and shape of his wife's head, but passages from Amy's diary reveal the alpha-girl perfectionist could have put anyone dangerously on edge. Under mounting pressure from the police and the media--as well as Amy's fiercely doting parents--the town golden boy parades an endless series of lies, deceits, and inappropriate behavior. Nick is oddly evasive, and he's definitely bitter--but is he really a killer? 
As the cops close in, every couple in town is soon wondering how well they know the one that they love. With his twin sister, Margo, at his side, Nick stands by his innocence. Trouble is, if Nick didn't do it, where is that beautiful wife? And what was in that silvery gift box hidden in the back of her bedroom closet?

Who are you?
What have we done to each other?

Satu kata yang tepat untuk Gone Girl adalah: GILA. Saat istrinya menghilang tiba-tiba dari rumah pada hari ulangtahun kelima pernikahan mereka, Nick Dunne malah bertingkah aneh. Laki-laki ini nggak menampakkan reaksi yang sewajarnya dari seorang suami yang istrinya menghilang (dengan adanya kemungkinan diculik, dibunuh, atau apapun itu). Ia tidak begitu sedih, tidak begitu panik, tidak begitu berduka. Karena Nick adalah sosok terdekat dari Amy, kecurigaan pertama pihak kepolisian pun mengarah kepadanya.

Lalu kejadian ini tersebar di media massa. Sosok Amy bukanlah sosok asing, ia adalah inspirasi dari buku Amazing Amy, serial buku anak terkenal hasil ciptaan kedua orangtuanya. Amy adalah kesayangan masyarakat, maka media pun bersimpati pada Amy ketika tulisan-tulisannya dalam sebuah diari pribadi terungkap; Ia menulis tentang pernikahan yang tidak bahagia, perilaku Nick sebagai suami yang buruk dan sering bersifat kasar, perselingkuhan Nick dengan seorang perempuan yang jauh lebih muda... Semuanya makin mengarah kepada kemungkinan bahwa Nick-lah tersangka dari peristiwa ini.

Gillian Flynn ini penulis yang pinter dalam hal 'mempermainkan' pembaca. Halaman demi halaman awal di Bagian I aku baca, termasuk semua tulisan Amy dalam diarinya, gampang banget bagi siapapun untuk ikutan sebel dan benci sama Nick yang digambarkan sebagai suami yang aneh, gila, dan nggak pernah bersyukur. Narasinya Nick NYEBELIN, dan meskipun dalam beberapa kesempatan aku simpati sama dia ketika media justru 'menampilkan' cerita yang nggak sebenarnya, tapi susah untuk suka sama laki-laki ini karena motif dari perilakunya sendiri pun nggak jelas.

Di sisi lain, lewat tulisan dalam diari dan juga surat-surat/'riddle' yang ditinggalkan Amy di tempat-tempat bersejarah dalam hubungannya dengan Nick, yang ditangkap pembaca adalah sosok Amy ini wanita biasa, yang menikahi laki-laki yang ia cintai, tapi kemudian situasi rumah tangganya mulai berubah, nggak seperti apa yang ia harapkan. Everything went ugly. Nick dipecat dari pekerjaan, lalu mereka harus pindah rumah ke kampung halaman Nick demi merawat Ibu Nick yang sakit (dan Amy nggak nyaman banget dengan hal ini; dia adalah anak satu-satunya yang nggak pernah jauh dari orangtua, tapi demi Nick, akhirnya Amy rela mengalah), Nick mulai bersikap kasar dan sering keluar rumah, Nick selingkuh... Tipe suami yang ih, bukan-idaman-siapapun banget lah. Jelas banget bahwa Gillian pengen kita simpati/kasian sama sosok Amy dalam diari itu, yang malah bikin aku ngerasa bahwa kayaknya ini bukan perbuatan Nick deh... Mungkin dia emang cuma korban, dan aku nunggu-nunggu kehadiran tokoh-tokoh yang mungkin bisa dijadiin 'tersangka' lainnya.

Hingga kemudian cerita sampai di Bagian II: Cool Girl.

Gila.

MIND = BLOWN.

One of the best thing about Gone Girl is the element of surprises, because it works SO WELL. Gone Girl baiknya dibaca dalam kondisi kita 'nggak tau apa-apa' tentang ceritanya, sehingga efek yang muncul waktu sampe di bagian dimana twist-twist gila itu diungkap bakal kerasa banget. And I'm lucky to experience this. Bengong beberapa saat, pusing, baca ulang lagi halaman sebelumnya, speechless ... #heakmulailebay. Gone Girl adalah psychological thriller, dan sisi psikologis dalam ceritanya ditulis dengan sangat bagus. Ms Flynn adalah penulis berbakat yang sabar dan nggak buru-buru, semua unsur ceritanya dibangun dengan hati-hati, satu persatu diuraikan, dan dia menempatkan twist-twistnya di momen-momen yang tepat. Pilihan-pilihan katanya enak pula, jadi meskipun ceritanya dark dan SANGAT creepy, aku tetep penasaran buat lanjutin lagi dan lagi *gemes sendiri*

Satu hal yang aku nggak suka adalah tokoh-tokohnya yang hampir nggak ada yang likeable, and believe me, it was hard reading a book when you can't symphatize with the characters. Termasuk Nick, meskipun di beberapa kesempatan dia sendiri juga korban 'jebakan media', ataupun Amy, si istri LUAR BIASA SINTING baik-baik yang harus mengalami kejadian buruk kayak gini. Sayang banget hubungan mereka yang awalnya baik dan indah, malah jadi kacau nggak terkendali sampai ke titik dimana pernikahan bukan lagi ikatan yang bikin bahagia, melainkan sesuatu yang poisonous dan berbahaya buat kedua pihak. Serius, jadi mikir dua kali buat menikah... Di banyak bagian Gone Girl juga kritis tentang masalah-masalah umum di masyarakat, keluarga, maupun rumah tangga jaman sekarang, dan bikin pembacanya ikut ngebentuk pendapat sendiri tentang itu.

Gone Girl bukan buku dari genre yang biasa aku baca, but I'm glad anyway that I could get to read it. It's very well-written and deserves all the hype that the book got last year (Can't wait for the movie to happen! Ben Affleck is going to be great as Nick). Aku pun nggak yakin akan baca buku-buku Gillian lainnya, karena ceritanya cenderung berat dan dark... but for the sake of your reading experience, Gone Girl is totally worth it! ;)

“My gosh, Nick, why are you so wonderful to me?' 
He was supposed to say: You deserve it. I love you.
But he said, 'Because I feel sorry for you.' 
'Why?' 
'Because every morning you have to wake up and be you.” 


Review Gone Girl dari teman-teman di BBI lainnya: Mbak Mia |  Arian Syah


***

Dan sekarang adalah waktunya untuk TEBAK SANTAAAAAAAAAAAA *tebar confetti*



Sesungguhnya, pas awal-awal baca riddle, aku masih berniat dengan serius buat ikutin petunjuknya dari awal sampai akhir.

TAPI,
malah langsung stuck di nomer #1. *nangis*

Kenapa? Karena kata-kata di riddle kan begini: "ADA 3 HURUF YANG TAK BERULANG," Tapi setelah kuperhatiin covernya baik-baik, ternyata huruf yang nggak berulang itu... CUMA DUA. *gubrak*
Dan dua huruf ini emang membentuk inisial merk mobil sih, yaitu VW. (Iya kan, Santa? Bener nggak bagian merk mobilnya?)

Terus, kalo cuma dua, berarti huruf pertama inisial si Santa apa dong? Kok? Ini? Eng ing eng ing eng............ *bingung*

Coba kita lanjut ke #2 dulu.
Katanya, "Huruf kedua dari nama lengkap = Huruf pertama dari abjad." Berarti A
Tapi "... inisial nama panggilan justru huruf terakhir" Nama panggilannya berawal dari huruf Z.

Terus, #3
Nggak bisa dijawab soalnya nggak tau huruf pertamanya apa kan, cuma tau 'A' aja...
Aduuuuh.

#4
EEEEE ALHAMDULILLAH YA ALLAH YA TUHAN
Tau gini langsung skip aja ke nomer ini! Huehehehehehe di petunjuk terakhir ini maksud kata-katanya jelas banget, "...temui aku di urutan ke-57"
Yak, ini sih pasti tinggal buka direktori member BBI dan....
Ketemu!

#antiklimaks
Juga setelah cerita ke Bajay Jabo tentang buku yang aku dapet dan hadiah tambahannya (notes, green tea latte....) beberapa pun langsung nyebutin satu nama yang sama. Yuhuuu

Jadi,


Are you? Are you? Am I right, or am I wrong? Nonetheless, thank you for the book and the additional gifts! I enjoyed them a lot (notesnya sekarang kupake jadi blogging notes hehe) ((and my mom likes the green tea latte!)) But if I'm wrong about who you are which I'm 99% sure I won't anyway, well, SORRY. PLEASE kindly reveal yourself, ahaha. 
Juga, makasih untuk Divisi Event BBI! Seret Santa 2013 has been a lovely event for me and I'm glad to have participated in it. Semoga tahun depan bisa berjalan dengan lebih lancar lagi ya :)

Here's a little Ben for you

So, what about you? Who's YOUR santa? Did you get it right? Was your riddle difficult to guess? Have you read Gone Girl, by the way? What do you think of it? Shoot me with your comments! :)
And as always, have fun and read some more!


28 comments:

  1. Hahahahaks kuncinya di nomer 57. Issssh >,<
    Kayanya sih benar taa haha :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah, mudah-mudahan yak. Kalo salah ntar gue malu lagi, haha ><
      Btw Niv gue sukaa banget deh sama riddle dari santa lo entah kenapa, kreatif gitu

      Delete
  2. hahahaha antiklimaksnya lucu amat :) btw buku ini emang gokil. yang lebih gila adalah endingnya. entah mau nangis atau ketawa bacanya. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaaaak dari bagian Cool Girl sampe akhir itu aku ga berenti-berentinya bengong. Gila banget ini karakternya (._. )

      Delete
  3. *ngakak jaya liat gif Ben-nya* Jelek amaattt itu Ben *ngabur sebelum diinjek para Cumberbabes*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan aku yang bilang, bukan aku yang bilangggg *ikutan kabur*

      Delete
  4. astgaaaa kenapa pula ada mukanya si bencum disini? wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada aku pasang mukaku kak Essy, mendingan muka dia ((meskipun jelek juga)) ((digampar ama fansnya)) wuekeke

      Delete
  5. Yay santanya pinter yg gampangnya kasih belakangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya padahal pas berusaha nebak nomer 1 udah feeling-feeling nggak enak gitu bun, begitu baca yg nomer 4 aku langsung ketawa horeee =))

      Delete
  6. hehe... asik cluenya gampang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan mudah-mudahan bener ya tebakannya X) Malu berat nih kalo salah....

      Delete
  7. Suka ih covernya...
    Udah yakin belum tir, apa masih deg2an :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ya, Mbak? Aku juga suka :)
      Yakiiiiiiiiin

      Delete
  8. wakakaka, kejebak di riddle awal, padahal kata kuncinya di belakang.
    Lha kok ada timun Inggris?

    ReplyDelete
  9. intipin para cumberbabes pada nongol gak gr2 gif-nya ben ituh #hmpfh
    semoga bener tebakannya :)

    ReplyDelete
  10. Hola Tirta,
    Seingetku, di cover Gone Girl yang aku kasih ke kamu itu, huruf yang ngga berulang ada 3: F, V, W.
    Apa aku siwer ya? Hahhaha. It's totally my mistake, then ^^v
    Actually, i'm going to give you 3 alphabets: F, A, Z.
    FA, dua huruf pertama dari nama lengkapku, sekaligus inisial Fauziyyah Arimi.
    Dan Z, karena aku bisa dipanggil Ziyy.

    Tapi kemudian, kamu menemukan aku karena 'urutan ke-57'. Its not really your fault and, yes, maybe its me who's very kind-hearted :-P
    Hahahaha xD

    Congratulations, my dear.
    I'm your Santa. Hohohohoho
    *jangan bayangkan aku dengan janggut putih dan perut buncit, oke? :-D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahsyeeeek, bener!
      Soalnya di ujung kanan cover itu ada kata-kata 'Suspenseful' Kak Ziyy, makanya di nomer 1 itu aku nggak ngitung huruf F (satunya lagi di Flynn-nya kan ya)

      But thank you so much anyway! Ohohohoho :-D

      Delete
  11. Hah? Jadi tirta masuk geng timun inggris? :O

    #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, Kak Lun, aku malah nggak suka ._.
      #lahteruskenapadipasangTa #isengajakok #digeplakCumberbabes

      Delete
  12. hahaaaha, nemu lagi yang nggak suka timun inggris *damai* :D

    uhhh mau green tea latte-nya :D

    masih penasaran abis sama Gone Girl, semoga ada yang mau nerjemahin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, harusnya udah ada yg mulai nerjemahin ya, secara udah best-selling banget & lagi proses dibuat filmnya

      Delete
  13. Ih.. apa pula itu ada gif Ben -__-".. tapi aku suka dia disitu malahan, soalnya lucu abis :))

    Aku skip reviewnya ya Ta, soalnya lagi baca Gone Girl juga, cuma berhenti di halaman 50. Siwer sih bacanya :P

    Kamu bukan santaku ya? Kalau bukan siapa dong? ._. #ealahapaini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaaah, bukan, emang Santanya Kak Ren belum ngaku? :))

      Delete

Thank you for reading this post! I always love to share and discuss thoughts about books or simply reading your comments; they are very much appreciated! I will try to reply every one of them so make sure to check back. ❤